Budidaya Jagung Manis ( Zea Mays Saccharata Strut )

Budidaya jagung merupakan suatu usaha yang sangat menjanjikan, khusunya bagi kalangan petani. Selain itu tanaman jagung juga bisa di budiddayakan oleh semua masyarakat umum, dan tentunya bisa kita jadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk menafkahi keluarga. Sama seperti namanya jagung ini memiliki rasa yang manis, cukup di rebus atau dibakar kita sudah bisa memakan dan menikmati jagung ini. Tanaman yang mempunyai biji kuning ini semakin populer di kalangan masyarakat umum khususnya anak muda, setiap kali Nongkrong saat berkumpul dengan teman teman kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi rasa jagung manis bakar.

Dan perlu anda ketahui untuk menanam jagung manis sendiri tidak terlalu sulit, tidak harus mempunyai ke ahlian khusus atau pengalaman yang banyak, cukup dengan memperhatikan isi artikel ini saya rasa anda sudah bisa membudidayakan tanaman berbiji kuning ini. Namun ada hal penting yang harus anda ketahui apabila anda akan menanam jagung manis yaitu ketekunan. Yah memang untuk budidaya tanaman ini anda tidak perlu mempunyai skil namun harus memiliki ke tekunan kesabaran dan bersungguh sungguh agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Dan juga anda harus memperhatikan kadar keasaman tanah atau lahan yang akan anda tanam, untuk tanaman jagung agar dapat tumbuh dengan baik Ph yang bagus berada pada angka 5,6 – 7,5. Jika anda berada di daerah rendah atau tinggi anda tidak perlu khawatir sebab jagung bisa tumbuh di daerah rendah sampai di daerah pegunungan yang memiliki tinggi antara 1000 – 2000 meter di atas permukaan laut. Dan daerah yang sangat optimum dan bagus untuk bertanam jagung adalah daerah yang mempunyai ketinggian antara 0 – 600 meter di atas permukaan laut.

Proses dan Cara Menanam Jagung Manis Yang Baik

1. Syarat Tumbuh

Seperti yang sudah saya jelaskan sedikit diatas tadi bahwa jagung dapat tumbuh pada di daerah rendah sampai daerah pegunungan yang memiliki tinggi antara 1000 – 2000 m dpl. Dan tanah yang digunakan untuk menanam jagung manis tidak membutuhkan tanah yang khusus yang terpenting tanah tersebut gambur dan subur serta mengandung humus atau unsur hara yang di butuhkan untuk perkembangan jagung.

Selain itu tanah atau lahan yang akan di Tanami jagung harus memiliki kadar keasaman yang baik atau Ph, sebab keasaman tanah sangat berperan penting dan erat hubungannya dengan ketersediaan unsure hara yang di butuhkan untuk perkembangan jagung. untuk tanaman berbiji kuning ini Ph yang baik berkisar di angka antara 5,6 – 7,5.

2. Persiapan Lahan

Selanjutnya untuk menanam jagung manis anda di haruskan untuk mempersiapkan lahan tanam dan kemudian mengolah lahan tersebut hingga siap untuk di tanam. Cara mengolah lahan sangat mudah berikut kami jelaskan,

  • Cangkul tanah lahan yang akan di Tanami jagung dengan kedalaman mencapai 15 – 20 cm sampai gambur selanjutnya diamkan selama kurang lebih 1 hari untuk di angin anginkan.
  • Jangan lupa untuk membersihkan lahan dari gulma atau rumput liar yang tumbuh sehingga tidak mengganggu proses tanam dan perkembangan jagung.
  • Apabila tanah lahan memiliki kandungan kadar asam atau Ph kurang dari angka 5, sebaiknya lakukan pengapuran dengan menggunakan kapur dolomit, dosis pemberian kapur sebanyak 1 ton/ha.
  • Kemudian berikan juga pupuk kandang sebagai nutrisi tanah agar lahan memiliki tingkat kesuburan dan baik untuk perkembangan tanaman jagung, pupuk bisa menggunakan pupuk urea.
  • Dalam menanam jagung manis saat pengolahan lahan anda tidak perlu membuat bedengan seperti pada saat menanam kol atau menanam sayuran lainnya, namun anda harus membuat parit atau drainase untuk aliran atau genangan air hujan agar tidak menggenangi lahan, buat jarak antara drainase sekitar 4 meter.
  • Selanjutnya buatlah lubang pada lahan tanam hingga mencapai kedalaman 4 – 5 cm, dan jarak antara lubang satu dengan yang lain antara 30 x 75 cm, lubang ini di buat untuk menanam biji atau benih jagung.

3. Menyiapkan Dan Memilih Benih

Agar saat menanam jagung manis mendapatkan hasil yang berkualitas baik anda perlu memilih bibit yang berkualitas unggul, usahakan bibit dari indukan varietas unggul serta bebas dari segala jenis macam jenis penyakit cacat fisik dan panen yang berlimpah.

Untuk mendapatkan bibit jagung manis yang memiliki kualitas tersebut anda tidak perlu bingung, sebab anda bisa langsung membelinya dari petani jagung langsung yang sudah sering melakukan budidaya jagung manis dan memang sudah terbukti dengan hasil panennya yang melimpah dan berkualitas. Sebab untuk menanam jagung manis tanpa di awali dengan bibit yang berkualitas hasil yang di dapat tidak akan bagus walaupun anda merawatnya dengan rajin dan baik.

4. Proses Penanaman

Setelah biji atau benih dan lahan siap selanjutnya adalah prose tanam atau cara menanam jagung manis. Cara penanaman sangat mudah, sebab tidak melalui proses persemaian terlebih dahulu, anda tinggal memasukkan biji jagung ke dalam lubang yang sudah di buat. Masukan 2 -3 biji jagung manis ke dalam lubang dan di tutup kembali dengan tanah, sebaiknya proses penanaman di lakukan saat awal musim penghujan agar benih dapat tumbuh dengan baik. Dan lahan saat proses tanam sebaiknya dalam ke adaan lembab namun jangan terlalu becek.

5. Pemeliharaan Tanaman

Setelah berhasil di tanam cara selanjutnya adalah proses pemeliharaan tanaman, pada tahap ini anda harus benar benar melakukan perawatan dengan baik guna tanaman tumbuh dengan baik, berikut proses pemeliharaan ketika menanam jagung manis.

  • Penyulaman

Proses pemeliharaan yang pertama adalah penyulaman. Penyulaman pada jagung manis dilakukan saat jagung berusia 7 hari setelah tanam atau ketika jagung sudah tumbuh. Walaupun tidak melalui penyemaian namun penyulaman ini sangat penting, ganti bibit jagung yang tidak tumbuh atau mati dengan bibit yang baru untuk menghasilkan pertumbuhan jagung yang seragam.

  • Penyiangan

Kemudian setelah tanaman tumbuh saat berusia 14 hari setelah tanam lakukan penyiangan dengan membersihkan tanaman liar atau rumput liar dan gulma dengan cara mencabut atau mencangkul hingga hingga bersih agar tidak mengganggu proses pertumbuhan jagung sehingga jagung dapat tumbuh dengan baik. Membersihkan gulma secara manual atau alami lebih baik dari pada menggunakan pestisida guna mendapatkan hasil panen yang maksimal.

  • Pembubuhan

Lakukan pembubuan pada tanaman jagung, pembubuhan adalah dengan mengumpulkan tanah di sekitar lahan tanam yang kemudian di letakkan di tanaman jagung sehingga berbentuk gundukan tanah. Cara ini di lakukan untuk menguatkan tanaman jagung supaya kokoh dan tidak gampang roboh. Pembubuhan di lakukan saat jagung berusia 30 hari setelah tanam dan Saat melakukan pembubuhan lakukan juga penyiangan ke dua pada tanaman.

  • Pengairan

Penyiraman atau pengairan sangat di butuhkan dan sangat wajib dibutuhkan bagi semua tanaman, apalagi saat menanam jagung manis ketika musim kemarau anda harus rajin untuk menyiram atau pengairan agar lahan tetap dalam keadaan lembab dan kebutuhan air pada tanaman tetap terjaga. Pengairan sangat di butuhkan jagung saat masa berbunga sehingga anda harus memperhatikan pemberian air pada masa ini, apabila terlambat dalam memberikan air akan menyebabkan daun menjadi layu.

6. Pemberian Pupuk Susulan

Selain melakukan perawatan anda juga perlu memberikan pupuk susulan pada tanaman. Pupuk susulan bisa menggunakan pupuk kandang atau bisa juga menggunakan pupuk buatan. Pemberian pupuk tambahan ini untuk menjaga unsure hara pada tanah agar tetap tercukupi untuk kebutuhan pertumbuhan jagung manis. Dan pemberian pupuk tambahan bisa anda berikan ketika jagung berusia 2 bulan setelah tanam.

7. Proses Panen

Setelah menanam jagung manis dan melakukan perawatan dengan baik selanjutnya memetik hasil atas upaya kerja keras anda yaitu panen. Panen pada jagung manis sangat bervariasi tergantung jenis varietas jagung manis yang anda tanam suhu serta cuaca dan daerah juga menentukan hasil panen pada jagung.

Apabila anda menanam jagung manis di daerah atau dataran rendah umumnya proses panen akan lebih cepat jika di banding dengan dataran tinggi atau daerah pegunungan. Dan saat musim penghujan panen jagung manis akan lebih lama jika dibanding saat musim kemarau namun rata rata pada tanaman jagung dapat di panen ketika sudah berumur antara 60 – 150 hari setelah tanam tergantung faktor tang mempengaruhi tanaman tersebut.

Sumber Artikel : Cara menanam jagung manis

Show Buttons
Hide Buttons